Arti Sebuah Hidup

5

Arti sebuah kehidupan adalah bermanfaat untuk orang lain. Mungkin kata-kata itu perlu untuk kita kaji lebih dalam. Ya.. memeberikan kebermanfaatan bagi orang banyak merupakan alasan besar mengapa kita diciptakan oleh Yang Maha Esa. Setiap orang tentu ingin memberikan dedikasinya untuk orang lain. Oleh karena itulah tak dapat dipungkiri bahwa ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mmeberikan kebermanfaatan tersebut.

Tindakan, mungkin kata itu tepat untuk menggambarkan hal yang menjadikan penghambat besar ide kita. Seringkali kita mempunyai ide-ide yang banyak, namun dari sekian ide tersebut tidak ada satupun yang dapat kita realisasikan. Salah satu diantaranya mungkin adalah tak ada rasa keberanian dalam diri kita untuk mewujudkannya. Mungkin kita hanya membutuhkan waktu 5 detik untuk menemukan s ebuah ide, namunkita membutuukan waktu lebih dari 5 hari untuk melaksanakan ide tersebut.

Sebagai seorang manusia tentunya berpikir merupakan salah satu alasan utama mengapa setiap tindakan kita selalu dilanadasi oleh hal tersebut. Seharusnya akal dapat menjadi senjata kita untuk merencanakan sesuatu. Yang pada akhirnya dapat memperlancar kegiatan kita. Namun jangan sampai kelebihan yang kita miliki ini mennjadi salah satu penghambat untuk melaksanakan ide tersebut. Karena disetiap hal yang kita lakukan memang akan selalu ada resiko didalamnya. Sehingga tergantung terhadap diri kita saja, akan berhenti karena takut terjatuh. Atau memilih untuk melagkah dan akan terjatuh namun dapat bangun kembali?

Selain itu waktu juga merupakan salah satu alasan terbesar mengapa kita sulit untuk memberikan kebermanfaatan kita kepada orang lain. Hal yang seharusnya mulai dibangun adalah bahwa kita tidak akan pernah sempat kecuali bila kita menyempatkan diri. Pada intinya adalah diperlukannya pengaturan waktu hyang baik. Mungkin untuk menyisakan sedikit waktu kita memanglah sulit. Namun lihatlah sedikit keluar sana, ada banyak rakyat yang membutuhkan perhatian kita. Ada banyak anak yang berharap dapat menulis, setidaknya menuliskan nama dirinya sendiri. Ada jutaan mata yang menginginkan sebuah kemajuan.

Sedangkan memberikan kebermanfaatan tidak hanya berupa material, namun hal-hal lain yang diluar itupun merupakan bentuk kebermanfaatan kita yang dibutuhkan oleh orang banya. Dengan kita meluangkan waktu untuk sekedar memperhatikannya pun merupakan salah satu bentuk untuk memberikan kebermanfaatan kita kepada orang lain. Banyak anak  diluar sana yang membutuhkan kita hanya untuk tersenyum. Banyak kaki-kaki kecil disana yang membutuhkan sentuhan kita. Karena hanya dengan itu mereka akan merasa tenang dan nyaman. Karena dengan cara itulah mereka akan sedikit menghapus luka dalam benak mereka.

Mungkin ide kita memang tidak begitu besar, namun lihatlah dari sisi yang lain. Mungkin saja apabila kita kaji ulang, maka kita akan menemukan arti kebermanfaatan yang tak terkira. Mungkin dari hal kecil yang kita lakukan itu akan ada hal besar yang kita ciptakan. Jadi lakukan sekecil apapun ide kalian. Jangan pernah takut untuk mencoba dan jangan pernah takut untuk membuat orang lain tersenyum.

By: DR

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s